Customer Experience - Live Chat

Kali ini mumpung lagi menghabiskan banyak waktu di depan laptop.
Akhirnya saya bisa nulisin tentang "Live Chat" uayang baru saya tulisi singkat di G+ 

Apa itu live chat ? 
biasanya yang punya website nempatin fasilitas itu di pojokan kanan bawah. ada yang disetting pop-up langsung mucul dan langsung menyapa "ada yang bisa dibantu" begitu biasanya 


Mari kita mulai dengan Pengalaman live chat saya pada website Flip Transfer ( saat ini sedang proses verifikasi untuk mendaapatkan legalisasi dari yang memiliki otoritasnah dalam bidang tersebut. semoga segera beres prosesnya). Kali lain mungkin akan saya tuliskan customer experience dengan website tersebut.

sepertinya akan tepat ini sebagai user experience  dalam menggunakan live chat.  Kali itu karena proses registrasi akun saya tidak bisa diproses karena alamat email sudah digunakan. maka saya manfaatkan dan akhirnya terselesaikan dan benar-benar seperti kita sedang dilayani di depan mata. dan saya puas juga hal lainnya adalah first impression saya terhadap penyedia jasa layanan ini sangat baik istilahnya kita benar-benar dilayani dan pasti ini bukan tipu-tipu

Di Website lainnya saya pun kembali memanfaatkan tapi sayangnya responnya lama . sepertinya memang sengaja dibuat online statusnya secara sistem tetapi tidak ada orang khusus untuk fast respon menjawabnya. Kebetulan saat itu saya sedang mencari suatu data tertetntu dan akhirnya penelusuran itu menuju pada website suatu instansi daerah. Awalnya saya coba call melalui telepon tapi tidak ada yang mengangkat dan begitu live chatnya menunjukkan status online segera saya coba sampaikan maksud saya 

Tapi sayang sekali, jawabannya seperti jawaban mesin dan akhirnya saya tidak mendapatkan jawaban. 

Hal ini pernah saya dapatan juga dalam survey customer satisfaction sebuah penyedia beasiswa dan slah satu respon yang didapatkan dari penggunadalah mengenai live chat di website. Tentunya akan sangat banyak sekali pertanyaan bukan dan adanya fasilitas ini salah satu keuntungannya adalah memberikan engangement agar user terus mengunjungi website kita. 

Seperti saat saya menuliskan blog ini pun saya baru ngeh ternyata di kanan bawah ada box bertuliskan "kirim masukan" yang isinya untuk membantu user jika terkendala dalam proses ngeblog nya . tapi saya belum nyoba sih apakah akan langsung dibalas seperti kita mengirimkan pesan WA atau live chat

-Live chat itu tidak hanya sekedar berstatus online tetapi ada orang khusus yang langsung merespon chat yang dikirimkan tersebut-


Comments

Popular posts from this blog

Ketika Harus Menginap di Bandara Balikpapan

Atas Keibuan bawah Kesebelasan

Sambal Kelud alias Si "BonCabe" Ekonomis